Pengamat Politik Akui Elektabiltas AHY dan Demokrat Sedang di Puncak

0
394
AHY

Indoissue.com – Lembaga survei CISA kembali merilis hasil survei terbarunya yang menunjukkan elektabilitas Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono mencapai 15,51 persen melampaui tokoh-tokoh lainnya.

Dalam keterangannya, CISA menetapkan elektabiltas AHY berjalan seirama dengan elektabilitas Partai Demokrat yang merangsek diposisi 2 besar.

Adapun Survei CISA dilaksanakan pada 27 Mei-1 Juni 2021, dengan wawancara langsung pada 1.600 responden di 34 provinsi yang dipilih dengan multi stage random sampling. Margin of error 2,85% dengan tingkat kepercayaan 95%.

“Anies, AHY, Ganjar, Prabowo dan Erick menempati lima besar elektabilitas tertinggi dari yang lainnya. Kita cek ulang di lima besar daerah yang basis sampelnya terbesar juga,” kata Direktur Eksekutif CISA Herry Mendrofa.

Menanggapi hasil survei CISA tersebut, pengamat politik Adi Prayitno mengakui bahwa tren elektabilitas Partai Demokrat dan Ketua Umum AHY memang sedang di puncak.

Selain itu, Adi juga menyebutkan bahwa AHY dan Partai Demokrat memiliki posisi yang unik.

“Dia masih muda, memipin partai besar, menunjukkan kepemimpinannya yang tegas dan cekatan, selama krisis kudeta baik kedalam maupun keluar,” tegas Adi.

Dengan posisi di luar pemerintahan, Adi menjelaskan bahwa AHY memilik keleluasaan untuk pergi ke daerah-daerah menemui tokoh-tokoh, dan bersikap kritis terhadap pemerintah tampa bermusuhan.

Penulis: Mu’afa RM

Kirim Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini