Pertemuan Tiga Ketum Partai, Pengamat: Hanya ‘Koalisi Gimik’

0
4
pertemuan koalisi gimik

Indoissue.com – Pertemuan tiga ketua umum partai politik ramai dibicarakan oleh berbagai kalangan, Apakah pertemuan itu merupakan kesepakatan ‘koalisi’ ?

Dalam tayangan program ‘Indotalk‘ yang dipandu oleh Muafa RM tersebut, ava bertanya bagaimana pendapat Bobby tentang pertemuan tiga ketum partai yakni Airlangga Hartarto ketum Partai Golkar, Zulkifli Hasan Ketum PAN dan Suharso Monoarfa ketum PPP.

Menurut pengamat politik Enigma Research and Consultant Bobby Darmanto menilai hanya sebatas ‘koalisi Gimik’

“Pertemuan itu tidak lebih dari hanya sebatas ‘koalisi gimik’ bukan merupakan koalisi pilpres 2024,”.

Hal itu diungkapkan oleh Bobby pada program podcast indotalk dalam channel YouTube Indoissue Official.

Dirinya bahkan menilai apa yang dilakukan oleh tiga ketua umum partai tersebut bukan menghasilkan koalisi, mengingat pilpres 2024 masih jauh.

“Masih jauh kalau bilang pertemuan mereka merupakan kesepakatan koalisi, sebab sejarah mencatat koalisi partai politik selalu terjadi dimenit-menit pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum (KPU),” papar Bobby.

Direktur Eksekutif Enigma Research and Cosultant itu menilai koalisi partai politik dan untuk mengusung capres dan caeapres biasanya clear pada hitungan jam sebelum pendaftaran KPU dan ia mencontohkan apa yang terjadi kepada menteri koordinator politik hukum dan HAM Mahfud MD yang tidak jadi berpasangan dengan Presiden Joko Widodo di menit-menit akhir berubah menjadi KH Ma’ruf Amin.

Kirim Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini