PKB Minta Jokowi Tinjau Ulang Kebijakan Larang Ekspor Minyak Goreng

0
1

Indoissue.com- Ketua DPP PKB Daniel Johan meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau ulang kebijakan melarang ekspor minyak goreng dan bahan baku minyak goreng (CPO) yang bakal berlaku Kamis, 28 April 2022. Menurut Daniel, dengan adanya pelarangan tersebut membuat sejumlah petani sawit di Indonesia kehilangan mata pencahariannya.

“Saya sempat kagum dan kaget dengan ketegasan presiden (melarang ekspor minyak goreng). Namun kebijakan ini harus dipikir ulang secara mendalam karena berdampak luas ke rakyat dan membuat pasar dan rantai pasok menjadi tidak ada kepastian,” kata Daniel, Senin, 25 April 2022.

Daniel menjelaskan, dampak larangan ekspor minyak goreng tersebut akan membuat 2,7 juta petani sawit mengalami pukulan yang serius.

“6 juta hektare lahan petani sawit rakyat dengan 2,7 juta petaninya akan mengalami pukulan langsung yang serius. Karena 40 persen kebun sawit adalah kebun rakyat yang sudah bertahun-tahun, harga buah tandan di bawah biaya perawatan, dan saat baru menikmati sedikit perbaikan sudah langsung dikoreksi,” kata anggota Komisi IV DPR RI ini.

Kirim Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini