PKS Sebut AHY Pemimpin Muda yang Potensial Dampingi Anies di Pilpres 2024

0
15
PKS

Indoissue.com – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menilai, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) merupakan pemimpin yang potensial untuk mendampingi calon presiden (capres) Partai Nasdem Anies Baswedan di Pilpres 2024. Nama AHY, masuk dalam radar pembahasan di tim kecil Nasdem, PKS, dan Demokrat.

“Mas AHY pemimpin muda yang potensial dampingi Pak Anies. Dalam pembicaraan 4 pihak yakni PKS, Nasdem, Demokrat dan Pak Anies. Nama Mas AHY masuk sebagai kandidat yang dibahas,” kata Juru Bicara PKS M Kholid, Minggu (20/11/2022).

Kendati demikian, dia mengungkapkan, tak hanya AHY yang masuk radar pembahasan untuk mendampingi Anies Baswedan di Pilpres 2024. Ada pula mantan Gubernur Jawa Barat yang juga merupakan kader PKS yakni Ahmad Heriyawan atau Aher.

Sehingga, kata Kholid, komunikasi antara PKS, Nasdem dan Demokrat terus berjalan untuk memutuskan siapa yang pantas dampingi Anies pada kontestasi Pilpres 2024.

“Termasuk usulan dari kami PKS yakni Ahmad Heryawan. Jadi proses komunikasi terus berjalan. Kita lalui saja prosesnya dengan terbuka, objektif, dan rasional,” ucap dia.

Sebelumnya, lembaga Voxpol Center merilis hasil survei terbaru dimana Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjadi calon wakil presiden (cawapres) potensial untuk mendampingi Anies Baswedan.

“Dalam simulasi dua poros, pasangan Anies-AHY memperoleh elektabilitas sampai 50,7 persen,” kata Direktur Eksekutif Voxpol Center, Syarwi Pangi Chaniago.

Sementara itu, pasangan Anies-Aher diperkirakan meraih elektabilitas 46,3 persen. Kombinasi pasangan Anies-Khofifah diprediksi mendapat elektabilitas 42,9 persen. Sedangkan pasangan Anies-Andika diramalkan memperoleh elektabilitas 46,9 persen.

Simulasi dua poros itu mengasumsikan koalisi Nasdem, Demokrat, dan PKS bertarung melawan koalisi raksasa PDIP, Gerindra, Golkar, PKB, PAN, dan PPP.

Dalam simulasi tiga poros, pasangan Anies-AHY memperoleh elektabilitas 37,3 persen. Sementara pasangan Anies-Aher diperkirakan mendapat elektabilitas 29,3 persen.

Kemudian, kombinasi lain, pasangan Anies-Khofifah diprediksi meraih elektabilitas 28,2 persen. Ini sedikit lebih rendah ketimbang pasangan Anies-Andika yang diperkirakan

Kirim Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini