Jumat, Desember 3, 2021

Putusan MK Mengukuhkan Posisi Partai Demokrat Tentang UU Omnibus Law Ciptaker

Must Read

Indoissue.com – Sebuah kejutan datang dari Mahkamah Konstitusi, pada Kamis 25 November 2021 yang lalu. MK menggelar sidang pembacaan putusan uji formil dan uji materiil terhadap UU nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Majelis Hakim MK memutuskan bahwa Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja bertentangan dengan UUD Tahun 1945. UU Cipta Kerja juga dinyatakan tidak mempunyai kekuatan hukum mengikat secara bersyarat.

Dalam amar putusannya, MK menyatakan pembentukan UU 11/2020 tentang Cipta Kerja bertentangan dengan UUD 1945 dan tidak mempunyai kekuatan hukum mengikat secara bersyarat sepanjang tidak dimaknai “tidak dilakukan perbaikan dalam waktu 2 tahun sejak putusan ini diucapkan”. Mahkamah Konstitusi (MK) memerintahkan pemerintah dan DPR memperbaiki UU nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja (Ciptaker) dalam jangka waktu 2 tahun.

Walaupun putusan MK hanya menyebutkan bahwa UU Omnibuslaw Ciptaker ini sebagai UU yang inkonstitusional bersyarat, namun ini menunjukan bahwa ada yang salah terhadap undang-undang tersebut, sehingga MK mengeluarkan putusan tersebut.

Terbaru

PSIS Semarang Resmi Datangkan Playmaker Asal Brasil Flavio Beck Junior

IndoIssue - CEO PSIS Semarang, Yoyok Sukawi mengabarkan timnya resmi mendatangkan satu nama pemain asing untuk putaran kedua kompetisi...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com