Remaja Palestina Ditembak Mati Tentara Israel Saat Demo di Tepi Barat

0
22
Remaja Palestina

Indoissue.com – Seorang remaja Palestina tewas setelah ditembak mati oleh tentara Israel selama unjuk rasa wilayah di Tepi Barat. Demonstrasi meluas setelah otoritas Israel menyetujui rencana untuk membangun 3.000 pemukiman Yahudi baru di daerah tersebut.

Menurut AFP, Kementerian Kesehatan Palestina mengidentifikasi korban sebagai Mohammed Daadas yang berusia 13 tahun.

Daadas dilaporkan meninggal di rumah sakit setelah ditembak di perut selama bentrokan antar demonstran Palenstina dan tentara Israel di desa Deir al-Hatab timur Nablus pada jumat (5/11) waktu setempat.

Warga Palestina sering mengadakan aksi unjuk menentang perluasan permukiman Israel, yang dianggap ilegal oleh komunitas internasional.

Perdana Menteri Palestina Mohammed Shtayyeh seperti dikutip Kantor Berita Wafa News Agency yang menyebut kematian Daads sebagai terorisme negara yang terorganisir.

Tentara Israel mengatakan insiden itu sedang diselidiki. “Kerusuhan terjadi di rute yang berdekatan dengan komunitas Elon Moreh,” kata tentara Israel dalam sebuah pernyataan kepada AFP.

Tentara Israel disebut menanggapi dengan cara pembubaran kerusuhan dan tembakan perluru tajam ke orang-orang yang melemparkan batu ke tentara Israel.

Kantor berita Wafa melaporkan bahwa lima warga Palestina lainnya terluka dalam bentrokan di desa Beita dan Beit Dajan di Tepi Barat utara.

Militer Israel mengatakan kepada AFP bahwa pasukannya menggunakan metode pembubaran kerusuhan di dua tempat di mana sekitar 140 perusuh melemparkan batu ke tentara Israel.

Konfrontasi itu terjadi beberapa hari setelah Israel mengumumkan pada 27 Oktober bahwa mereka akan melanjutkan rencana untuk membangun 3.000 pemukiman Yahudi di Tepi Barat, meskipun menuai kritik internasional.

Satu kritik datang dari Amerika Serikat (AS), sekutu Israel, dengan pemerintahan Presiden Joe Biden dengan tegas menolak keras pembangunan di Tepi Barat.

Kirim Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini