Resmi! Facebook Ganti Nama Menjadi Meta

0
11
Facebook berganti nama Meta

Indoissue.com – CEO Facebook Inc Mark Zuckerberg mengungkapkan alasan perubahan nama perusahaan menjadi Meta Platform Inc setelah mengumumkan secara resmi pada Kamis waktu AS.

Nama Meta dipilih untuk mewakili harapan masa depan setelah melalui sejumlah persoalan di dunia media sosial. Rebranding ini diharapkan dapat memperkuat posisi raksasa media sosial di dunia baru Metaverse, yang dilihat Zuckerberg sebagai masa depan Internet.

“Jadi kami melihat sisi bisnis kami sebagai dua segmen yang berbeda. Satu untuk aplikasi sosial dan yang lainnya untuk platform masa depan. Idenya adalah bahwa Metaverse kami bukan tentang segmen-segmen ini. Metaverse akan menjadi platform dan pengalaman sosial masa depan,” kata Zuckerberg.

Zuckerberg juga dikatakan telah menggelontorkan miliaran dolar, atau setidaknya $10 miliar, ke dalam Metaverse tahun ini saja, sebuah ekspansi mendalam yang dinamai berdasarkan novel sci-fi Snow Crash dan Ready Player One.

“Saya pikir kami pada dasarnya pindah dari Facebook sebagai perusahaan ke Metaverse untuk pertama kalinya,” katanya.

Meski tidak menjelaskan secara detail, sistem terpadu akan segera diperkenalkan, yang akan menjangkau semua perusahaan yang terlibat dalam aplikasi media sosial.

Faktanya, Zuckerberg telah memikirkan rebranding perusahaan sejak dia membeli Instagram dan WhatsApp pada 2012 dan 2014. Namun dia yakin akan membuat perubahan awal tahun ini dan mengumumkannya pada konferensi tahunan Connect.

Kenapa Berganti Nama Meta?

“Saya pikir ada banyak kebingungan dan rasa malu tentang merek perusahaan yang menjadi merek salah satu aplikasi media sosial. Perubahan ini sangat berguna bagi orang untuk terhubung dengan perusahaan yang berbeda dari hubungannya dengan satu produk tertentu, “jelasnya.

Meski ia mengakui bahwa asal kata Metaverse adalah “penipu”. Zuckerberg berusaha menangkap kembali Metaverse sebagai ide utopis yang membuka ekonomi barang dan jasa virtual.

Ini bukan pertama kalinya terjadi perubahan mendasar dalam masyarakat teknologi kelas dunia seperti ini. Google melakukannya pada tahun 2015, menjadikan Alphabet Inc sebagai perusahaan induk.

Kirim Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini