Rizal Ramli : Jokowi Jangan Sok – Sok an Jadi Kingmaker

0
6

Indoissue.com – Dr. Rizal Ramli ekonom senior memberikan sejumlah saran penting untuk presiden Joko Widodo di dalam acara Diskusi Detik Adu Perspektif Rabu 3 Agustus kemarin. Jokowi yang akan mengakhiri masa jabatannya pada tahun 2024 diberi saran oleh Rizal Ramli dengan maksud agar Presiden Jokowi tidak meninggalkan citra yang buruk di akhir jabatannya.

 

 

Saran pertama, Menko Perekonomian era Presiden Gus Dur itu meminta Jokowi untuk mulai tahu diri dan banyak berterima kasih. Lebih keras lagi Rizal meminta Jokowi untuk tidak lagi sok-sok main-main king maker.

 

 

“Belajar berterima kasih kepada Prabowo yang mendukung dan membiayai pemilihan Jokowi jadi Gubernur DKI. Juga berterima kasih kepada Megawati yang telah mendukung Jokowi jadi Presiden 2014 dan 2019 dengan tidak mendukung calon boneka yang tidak disetujui Megawati,” ucap Rizal Ramli

 

 

Kedua, pria yang akrab disapa RR ini meminta Jokowi untuk kembali fokus ke Trisakti, yang telah diabaikan Jokowi selama 7 tahun berkuasa. Selanjutnya, Jokowi juga perlu memerintahkan menteri untuk fokus menyelesaikan masalah yang membuat rakyat hidup sudah, bukan malah sibuk kampanye wara-wiri.

 

 

Terakhir, Rizal Ramli menyarankan Jokowi melakukan langkah untuk mengembalikan demokrasi yang bersih dan amanah dengan cara mendorong penghapusan threshold 20 persen.

 

 

“Kembali sesuai dengan UUD, yaitu tidak ada threshold (0 persen). Capres-capres dicalonkan oleh partai yang ikut Pemilu! Jika langkah itu dilakukan, maka Jokowi akan meninggalkan legacy yang bersejarah dan bisa mengurangi resiko pasca-Jokowi,” tutupnya

 

 

Seperti diketahui presiden Jokowi mendadak mengumpulkan puluhan organisasi pendukungnya sepulang dari lawatan ke sejumlah negara di kawasan Asia Timur, pada  Jumat, 29 Juli 2022 kemarin. Pertemuan di Istana Bogor itu dihadiri sekitar 30-an perwakilan kelompok relawan di antaranya projo, Pospera, Sahabat Buruh Relawan Jokowi, Seknas Jokowi, Pena 98, KIB, Duta Jokowi, Kornas Jokowi, Bara JP, Solmed, RPJB, Pos Raya, GK Center, Almisbat, dan lainnya.

Kirim Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini