Rizal Ramli Nilai Jokowi Tidak Mengerti Geopolitik

0
4
Geopolitik Jokowi

Indoissue.com – Presiden Joko Widodo kembali disorot publik usai kehadirannya dalam Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN-Amerika Serikat (AS) bahkan dinilai tidak mengerti geopolitik.

Apalagi setelah beredar video Jokowi tidak disambut oleh pejabat AS, kini video Jokowi seolah “dicuekin” Presiden AS Joe Biden yang jadi pergunjingan.

Video ini memperlihatkan saat Presiden Joko Widodo berfoto bersama Joe Biden dan para pemimpin ASEAN lainnya.

Setelah sesi foto berakhir, tampak Presiden Joe Biden yang berada di sebelah kanan Jokowi memalingkan badan dan langsung menghampiri Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah.

Sementara Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong yang berada di sebelah kiri Jokowi juga memalingkan badan untuk mengambil jalur turun dari podium.

Sedang Jokowi terlihat memutar badannya ke kanan, lalu setelah mendapati Joe Biden sedang menyapa pemimpin negara lain, Jokowi melanjutkan putaran badannya dan kemudian mengikuti PM Lee turun podium dari sisi berlawanan dengan Joe Biden.

Tokoh senior DR. Rizal Ramli turut bereaksi melihat pemandangan ini. Menurutnya, situasi itu tidak akan terjadi jika presiden Indonesia adalah sosok yang pandai membaca geopolitik dunia.

Kirim Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini