Rusia-Ukraina Masih Menjadi Faktor Utama dari Kenaikan Harga Batubara

0
3

Indoissue.com- Konflik Rusia-Ukraina yang masih memanas memicu gangguan pada pasokan batubara. Konflik yang melibatkan salah satu produsen gas alam terbesar di dunia akhirnya membuat harga gas alam melambung tinggi.

Founder Traderindo.com Wahyu Tribowo Laksono mengatakan, tren komoditas energi masih belum selesai sehingga potensi bullish masih terbuka untuk harga batubara. Isu geopolitik Rusia-Ukraina masih menjadi faktor utama dalam kenaikan harga batubara.

“Karena adanya pembatasan pasokan batubara dari Rusia ke Eropa, selain itu Uni Eropa, Inggris, dan Jepang berencana untuk menghentikan impor bahan bakar untuk mencoba memotong sumber pendapatan Moskow setelah invasi ke Ukraina,” ucap Wahyu.

Hal tersebut membuat kekurangan pasokan batubara di pasar sehingga negara lain perlu mendapatkan bahan bakar batubara dari negara lain. Hal ini mengakibatkan harga energi lebih tinggi bagi konsumen yang sudah menghadapi ancaman lonjakan inflasi.

“Negara-negara kaya yang ingin menggantikan batubara Rusia dapat mengancam harga pembeli dari negara-negara berkembang seperti Malaysia, Vietnam dan Filipina yang bergantung pada impor bahan bakar,” ucap Wahyu.

Kirim Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini