Satgas: Kematian Covid-19 Indonesia Masih di Atas Rata-rata Dunia

0
88

Indoissue.com – Angka kematian akibat Covid-19 di Indonesia yang mencapai 3,24 persen masih di atas-rata dunia yang mencapai 2,08 persen, per 29 Agustus 2021. Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 (Satgas Covid-19) Wiku Adisasmito dengan gamblang mengakui, Indonesia belum berhasil menurunkan angka kematian pasien.

Dalam konferensi pers melalui YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (31/8/2021) kemarin, Wiku menyatakan, terdapat 10 provinsi yang mencatatkan angka kematian pasien tertinggi dan menyumbang 75 persen total kasus secara nasional, pada minggu kemarin.

Sepuluh provinsi yang dimaksud Wiku adalah Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, Bali, Sumatera Utara, Kalimantan Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta, Riau, Lampung, dan Kalimantan Selatan.

9 dari 10 provinsi itu pun menjadi penyumbang tertinggi kasus aktif dan angka kesembuhan dalam waktu bersamaan. Padahal, Wiku mengklaim, kualitas pelayanan kesehatan sudah ditingkatkan.

Saat menjelaskan penyebabnya, hal itu terjadi karena lambannya penanganan pasien Covid-19 atau masih adanya pasien yang melakukan isolasi mandiri dan tak mendapat perawatan di fasilitas isolasi terpusat maupun perawatan di rumah sakit.

Penyebab lainnya menurut Wiku, “Fokus penanganan Covid masih berada di hilir, yaitu pelayanan pasien Covid, dan belum maksimal pada tingkat hulu yaitu pencegahan dan pengawasan disiplin protokol kesehatan”.

Atas dasar itulah Wiku mendesak pemerintah daerah meningkatkan penanganan Covid-19, utamanya untuk menekan angka kematian pasien.

Turunnya angka kasus aktif Covid-19 dan meningkatnya jumlah pasien yang sembuh, harus diiringi dengan penurunan angka kematian.

Meski secara nasional kasus aktif dan kesembuhan di Indonesia mengalami penurunan cukup baik, Wiku berpesan, “namun kita tetap harus waspada”.

Namun ada hal lain yang harus menjadi perhatian para pejabat di pemerintah pusat dan daerah, terkait sukses tidaknya salah satu elemen yang dapat menurunkan angka penderita dan angka kematian mereka yang terpapar Covid, yakni program vaksinasi.

Kirim Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini