Siswi SMK di Sragen Lahirkan Bayi yang Diduga Diperkosa Kepala Dusun

0
1
Sragen

Indoissue.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen, Jawa Tengah, angkat bicara atas insiden seorang siswi kelas 2 SMK berinisial N (18) di Kecamatan Kedawung yang hamil dan melahirkan beberapa waktu lalu.

Kepala Dinas Pengendalian Pendudukan, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Sragen Udayanti Proborini menjelaskan, pihaknya telah mendatangi rumah N pasca melahirkan.

“Beberapa hari yang lalu sudah mendatanginya dan dilihat dari usia sudah memang atau tidak masuk kategori anak karena dilakukan 18 tahun lebih berapa bulan. Serta sementara saat ini proses (pengajuan nikah),” kata Udayanti, saat dikonfirmasi Kamis (23/6/2022).

Meskipun telah proses pengajuan pernikahan, Udayanti menjelaskan saat ini prosesnya masih berjalan.

Sebab, ketentuan Undang-undang Perlindungan Anak, pernikahan kurang dari 19 tahun harus menyertakan permohonan dispensasi nikah.

“Kami pendampingan dan sesuai kewenangan kami melakukan assesment, mendatangi sejauh mana kasus ini. Karena memang tidak ada pelaporan, kami tidak bisa berdampingan secara intensif.

Tapi mungkin periode tertentu pada suatu saat nanti pemberkasan dari Kemenag (Kementerian Agama) kita akan bantu,” jelasnya.
Karena, menurut Udayanti proses permohonan dispensasi adanya syarat-syarat pendampingan yang dikeluarkan oleh DP2KBP3A Kabupaten Sragen.

Kirim Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini