Soal Pembahasan RUU IKN, Demokrat: Harus Hati-hati

0
6

Indoissue.com – Partai Demokrat (PD) menekankan perlunya mengutamakan kehati-hatian dalam pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) Ibu Kota Negara (IKN). Sebab, pemindahan ibu kota negara dinilai bukan persoalan yang sederhana.

“Sejak rapat pertama kali bahwa yang secara terang-terangan menyampaikan pandangan umumnya setelah kami baca naskah akademis Rancangan Undang-Undang (RUU) Ibu Kota Negara (IKN) yang disampaikan presiden ke DPR, kami nyatakan bahwa sebaiknya diperlukan kehati-hatian,” kata anggota Komisi III DPR RI Hinca Panjaitan kepada wartawan di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (13/1/2022).

“Kita perlu menyisir ini dengan sangat baik, karena pemindahan ibu kota negara itu bukan sesuatu yang sederhana. Oleh karena itu, kita suarakan itu terus agar butuh waktu yang cukup supaya kita tidak menyesal di kemudian gitu,” lanjut dia.

Lebih lanjut, Ketua Dewan Kehormatan Partai Demokrat itu menilai bahwa produk hukum yang sempurna tak mungkin bisa dibahas dengan terburu-buru. Terlebih, kata dia, pemindahan Ibu Kota harus terealisasi pada 2024.

“Buat Ibu Kota Negara itu tidak mudah dan saya kira secara substansi nggak mungkinlah kita bisa menghasilkan undang-undang yang sempurna apabila kita buru-buru, termasuk yang meminta dan dimintai pemerintah kuartal pertama 2024 harus sudah pindah gitu, ya, konsekuensinya ini panjang,” katanya.

Kirim Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini