Jumat, Desember 3, 2021

Soal Resuffle, Pengamat Politik Sebut Moeldoko Merugikan Jokowi

Must Read

Indoissue.com – Dua pengamat politik menilai Jokowi untuk turut mengevaluasi Moeldoko sebagai Kepala Staf Presiden (KSP).

Kedua pengamat itu, Firman Manan dari Unpad dan Ubedilah Badrun dari UNJ, sepakat Moeldoko lebih banyak merugikan daripada menguntungkan Jokowi.

Pernyataan kedua pengamat itu muncul di tengah menghangatnya isu reshuffle kabinet seiring pergantian Panglima TNI.

Ia dinilai terlalu sering melakukan blunder bagi pemerintahan Jokowi-Ma’ruf di tengah upaya menyiapkan warisan (legacy) kepemimpinan menjelang pergantian tahun 2024.

Pengamat politik dari Unpad, Firman Manan, menyebut keputusan Mahkamah Agung (MA) untuk menolak permohonan judicial review terhadap AD ART Partai Demokrat, merupakan blunder Moeldoko yang kesekian kalinya.

Menurutnya, penolakan MA tersebut merupakan tamparan tersendiri bagi Moeldoko dan pemerintahan Presiden Jokowi.

“Konstruksinya saja sudah tidak lazim. KSP Moeldoko memotori gugatan terhadap Menkumham yang nota bene adalah sesama anggota kabinet. Objek gugatannya juga problematik. Tidak terbayang kekacauan hukum yang terjadi jika AD/ART organisasi boleh digugat sembarang orang. Andai dikabulkan, ini tentu mengancam kebebasan berserikat yang dijamin konstitusi,” kata Firman ketika dikonfirmasi, Selasa (16/11/2021).

Terbaru

PSIS Semarang Resmi Datangkan Playmaker Asal Brasil Flavio Beck Junior

IndoIssue - CEO PSIS Semarang, Yoyok Sukawi mengabarkan timnya resmi mendatangkan satu nama pemain asing untuk putaran kedua kompetisi...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com