Strategi Cerdas AHY Penjajakan Dalam Safari Politik

0
9
Ketua Umum Partai Demokrat

Indoissue.com – Ujang Komarudin Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) berpendapat safari politik Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Ketua Umum Partai Demokrat (PD) selain untuk jalin komunikasi dan silahtuhrami AHY juga terlihat makin dekat dan akrab dengan para ketua umum Partai Politik lainnya. Hal tersebut juga sebagai bagian dari bentuk penjajakan soal koalisi.

“Strategi saat ini harus tetap menjalin komunikasi dengan elite, seperti Ketum-ketum partai, dan lain-lain,” ujar Ujang, senin (9/5/2022).

“Juga strategi mendekati grass root (akar rumput) sebagai pemilih. Jadi pendekatan elite dan arus bawah itu penting dilakukan oleh AHY,” tambahnya.
Ujang menilai, AHY sepertinya juga tahu dan paham betul, jika dia ingin mencalonkan diri sebagai Calon Presiden – Calon Wakil Presiden (Capres atau Cawapres) maka perlu dukungan dari ketum Parpol lain untuk menjalin koalisi.
“Kita tahu Demokrat kurang lebih dapat 6 persen kursi di DPR. Artinya butuh 14 persen lagi untuk bisa memenuhi PT yang 20 persen,” bebernya.

Soal peluangnya, lanjut Ujang, itu tergantung dari elektabilitas AHY hingga Agustus atau September 2023 nanti disaat mendekati waktu pendaftaran capres dan cawapres di KPU. Jika elektabilitas tinggi, maka akan ada banyak partai yang mendukungnya.

Kirim Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini