Sabtu, Oktober 16, 2021

Survie CISA: Elektabilitas AHY Mampu Ungguli Seluruh Ketum Parpol

Must Read
IndoIssue.com adalah media online yang fokus pada berita politik nasional, daerah dan internasional, serta menyuarakan opini & aspirasi melalui suara netizen.

Indoissue.com – Lembaga Centre For Indonesia Strategic Actions (CISA) merilis survei terbarunya terkait elektabilitas calon presiden (capres) 2024. Terlihat bahwa Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) terus konsisten menujukkan elektabilitasnya yang semakin melejit.

Kali ini survei dilakukan dengan metode wawancara langsung, yang dilaksanakakn pada 27-31 Agustus 2021 dengan melibatkan total 1.200 responden yang tersebar di 34 provinsi.

Dengan pengambilan sampel dilakukan dilakukan secara acak. Kemudian, untuk margin of error survei ini 2,85 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Pada survei kali ini ada temuan yang mengejutkan dimana Ketua Umum Partai Demokrat (AHY) kembali meraih angka yang signifikan.

“Jika pilpres dilakukan hari ini, terdapat 16,92 persen responden memilih Ganjar Pranowo, yang membuatnya unggul dari semua kandidat setelah pada periode survei CISA sebelumnya didominasi oleh Anies Baswedan,” kata Direktur CISA Herry Mendrofa, Sabtu (4/9/2021).

Dari hasil ketiga nama yang ada pada urutan tiga besar tidak jauh berbeda. Yakni sama-sama berada di angka 16 persen.

“Sementara itu, posisi kedua terus dipegang AHY yang terus menunjukkan konsistensi kenaikan elektabilitasnya dengan meraup 16,83 persen. Prabowo Subianto justru menunjukkan penurunan elektabilitas dari survei sebelumnya,” tutup Herry.

Berikut hasil survei elektabilitas capres 2024:

Ganjar Pranowo 16,92%
Agus Harimurti Yudhoyono 16,83%
Anies Baswedan 16,75%
Prabowo Subianto 10,08%
Airlangga Hartarto 7,58%
Ridwan Kamil 5,92%
Sandiaga Uno 5,08%
Muhaimin Iskandar 5%
Puan Maharani 3,67%
Tidak Tahu 12,17%

Dari hasil survie diatas, elektabilitas Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mampu ungguli seluruh Ketum Papol yang ada. Termasuk diantaranya Ketum Gerindra Prabowo Subianto 10,08%, Ketum Golkar Airlangga Hartarto 7,58%, Ketum PKB Muhaimin Iskandar 5%.

Sedangkan ketum parpol lainnya masih belum masuk pada radar survie Lembaga Centre For Indonesia Strategic Actions (CISA).

Penulis: Mu’afa RM

Terbaru

Lolos Ke Semifinal, Indonesia Berhasil Bikin Malu Malaysia

Indoissue.com - Indonesia berhasil mengalahkan lawanya, yaitu Malaysia di babak perempat final Thomas Cup 2021 di Ceres Arena, Jumat...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com