Turki Sebut RI Sudah Sepakat Beri Nama Jalan Ataturk

0
15
Turki Sebut RI Sudah Sepakat Beri Nama Jalan Ataturk

Indoissue.com – Kedutaan Besar Turki menyatakan bahwa pemerintah Indonesia telah sepakat menggunakan Mustafa Kemal Ataturk sebagai salah satu nama jalan di Jakarta.

“Pemerintah Turki yang akan menentukan nama jalan tersebut nanti. Kita masih menunggu usulan resmi nama jalan tersebut. Apa pun nama jalan itu nanti, pasti itu mewakili harapan pemimpin dan rakyat Turki,” kata Iqbal dalam pernyataan resminya.

Menurut Iqbal, Turki sendiri sudah sepakat untuk memenuhi permintaan Indonesia untuk memberikan nama jalan di depan KBRI Ankara dengan nama Sukarno. Sebagai balasan, Indonesia akan mengganti satu nama jalan di Jakarta dengan tokoh Turki.

Wacana penggunaan nama Ataturk sebagai salah satu nama jalan di Indonesia ini menuai protes dari sejumlah kelompok, di antaranya Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Anwar mengklaim bahwa Ataturk merupakan tokoh yang telah mengacak-acak ajaran Islam. Ia menilai banyak hal yang dilakukan Ataturk bertentangan dengan ketentuan dalam Al-Qur’an dan sunah.

Menurutnya, jejak rekam sejarah Attaturk kerap merugikan kaum Muslim dan peradaban manusia.

Namanya sangat masyhur sebagai tokoh modernisasi dan sekuler Turki karena upayanya memisahkan antara permasalahan agama dengan pemerintahan.

Teh New York Times melaporkan bahwa masyarakat Islamis dan Pan-Turki telah lama mengampanyekan perubahan status Hagia Sophia menjadi masjid.

Mereka beranggapan perubahan status ini dapat menyelamatkan dari penghinaan di masa lampau. Menurut mereka, pemimpin dahulu kerap dianggap ‘menjual jiwanya’ kepada modernitas Barat. (TNG)

Kirim Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini