Untuk Meredam Dominasi China, AUKUS Inisiasi 8 Kapal Selam Nuklir untuk Australia

0
54

Indoissue.com – Untuk meredam dominasi Cina, delapan kapal selam bertenaga nuklir akan dibangun Australia di bawah kemitraan pertahanan dan keamanan Australia, Inggris, Amerika Serikat (AUKUS – Australia, United Kingdom, United States defence and security partnership).

Pada Rabu (15/09/2021) lalu, Presiden Amerika Serikat Joe Biden, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson, dan Perdana Menteri Australia Scott Morrison menyepakati pakta pertahanan tripartit bertajuk AUKUS.

Argumen pertemuan eksklusif ketiga pemimpin negara tersebut adalah, “Dunia kami menjadi lebih kompleks, terutama di sini di kawasan kita, Indo-Pasifik,” ujar Perdana Menteri Australia, Scott Morrison, dikutip Reuters pada Kamis (16/9/2021).

“Ini adalah peluang bersejarah bagi ketiga negara, dengan sekutu dan mitra yang berpikiran serupa, untuk melindungi nilai-nilai bersama serta mempromosikan keamanan dan kesejahteraan di kawasan Indo-Pasifik,” seperti dilansir dari pernyataan bersama AS, Inggris, dan Australia.

Australia menjadi negara kedua yang diberi akses ke teknologi nuklir AS untuk membangun kapal selam bertenaga nuklir. Hal yang sama yang dilakukan Amerika Serikat kepada Inggris di tahun 1958.

“Untuk memenuhi tantangan ini, demi membantu memberikan keamanan dan stabilitas yang dibutuhkan kawasan kami, kami sekarang harus membawa kemitraan kami ke tingkat yang baru,” sesumbar Morrison.

Dihujat dan disambut baik Sekutunya

Adalah Selandia Baru, negara yang menyambut baik kemitraan AUKUS tersebut. Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern menyambut baik kerja sama yang fokus pada kawasan Indo-Pasifik.

“Saya senang melihat bahwa fokus telah dialihkan ke wilayah kami dari mitra yang bekerja sama dengan kami,” urai Jacinda bangga.

Namun Jacinda juga menegaskan, kapal selam itu tak akan diizinkan berlayar di perairan teritorialnya berdasarkan kebijakan bebas nuklir di negara itu.

“Ini adalah wilayah yang diperebutkan, dan ada peran yang bisa dimainkan orang lain dalam mengambil ketertarikan di wilayah kami,” lanjutnya.

Kirim Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini