Upaya Spionase Tiongkok, Hacker China Retas Jaringan BIN dan 10 Kementrian

0
62
china

Indoissue.com – Publik dihebohkan dengan isu dibobolnya situs Badan Intelejn Negara (BIN) dan 10 situs kementerian oleh hacker asal China dengan menggunakan private rasomware yang di beri nama ‘Thanos’.

Hacker kerap kali di nilai sebagai profesi kriminal karena dapat meretas serta menggunakan privasi dan data orang lain secara tidak bertanggungjawab.

Secara mengejutkan peretasan yang dilakukan oleh hacker China ini dikaitkan dengan spionase Tiongkok dalam menghadapi ketegangan di Laut China Selatan.

Berkenaan dengan isu tersebut, Pakar Keamanan Siber Pratama Pershada menyampaikan bahwa pihaknya belum mendapat informasi jelas terkait kebenaran isu tersebut.

“Kalau mereka sudah share bukti peretasannya seperti data dan biasanya upaya deface, baru bisa simpulkan memang benar terjadi peretasan. 10 kementeriannya yang mana juga masih belum jelas,” ujar Pratama melalui keterangan tertulis, Minggu (12/9/2021).

“Jika perertasan ini merupakan spionase antar negara, tentunya bukti akan lebih sulit untuk didapatkan, karena motifnya bukan ekonomi maupun popularitas,” tambahnya.

Kasus peretasan ini dikabarkan kuat kaitannya dengan Mustag Panda peretas asal China yang menargetkan beberapa wilayah di Kawasan Asia Tenggara.

Penulis: Mu’afa RM

Kirim Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini