Usai Idul Fitri Terjadi Lonjakan Kasus Covid-19, IDI: Ada Tiga Kemungkinan

0
2

Indoissue.com-  Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) mengatakan, ada tiga kemungkinan peningkatan kasus Covid-19 usai Idul Fitri 2022. Salah satu kemungkinannya adalah terjadi lonjakan kasus Covid-19 meski tidak drastis.

“Ada tiga kemungkinannya. Pertama terjadi lonjakan kasus Covid-19, kedua tidak terjadi lonjakan kasus Covid-19, dan ketiga kasus Covid-19 naik sedikit kemudian turun lagi,” ujar Ketua Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 PB IDI Zubairi Djoerban, Kamis (5/5/2022).

Ia menambahkan, semua pihak pasti ingin tidak terjadi lonjakan kasus Covid-19. Namun, kalau melihat positivity rate sekarang dan ditanya kemungkinan bisa terjadi kenaikan kasus Covid-19 usai Idul Fitri maka ia memperkirakan bisa terjadi peningkatan kasus Covid-19 namun tidak tajam. Ia memprediksi kemungkinan paling besar terjadi adalah terjadi kenaikan kasus Covid-19 usai lebaran namun tidak terjadi lonjakan kasus yang luar biasa.

“Ini kemungkinan yang logis, namun penambahan kasus Covid-19 tidak sampai puluhan ribu,” ujarnya.

Terkait kemungkinan tidak terjadi kenaikan kasus Covid-19 sama sekali, Zubairi menilai kecil kemungkinannya. Oleh karena itu, Zubairi meminta perkembangan kasus Covid-19 dipantau sampai dua bulan setelah lebaran.

Kirim Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini