Menteri AHY Tinjau Langsung GEMAPATAS dan Pengukuran Tanah di Kota Depok

Indoissue.com – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) akan meninjau langsung pemasangan tanda batas tanah atau patok di Kelurahan Cimpaeun, Kecamatan Tapos Kota Depok, pada Kamis (06/06/2024). Seperti tidak kenal lelah, peninjauan ini dilakukan usai memimpin Aksi Penanaman 100.000 Pohon dan serangkaian kegiatan lainnya pada Rabu lalu (05/06/2024).

Gerakan Masyarakat Pemasangan Tanda Batas (GEMAPATAS) merupakan Gerakan yang dilakukan oleh Masyarakat untuk pemasangan tanda batas (patok tanah) sebagai proses awal untuk memudahkan masyarakat dalam proses pembuatan sertipikat. Gerakan ini bertujuan menggerakkan dan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam memasang dan menjaga tanda batas tanah yang telah mereka miliki dengan menggunakan patok.

Selain itu, dengan dipasangnya patok tanda batas tanah oleh masing-masing pemilik tanah, dapat memudahkan petugas ukur Kantor Pertanahan dalam mengukur bidang tanah masyarakat melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap.

Selain pemasangan tanda batas tanah, Menteri AHY juga akan ikut melewati jalan yang menurun dan terjal, untuk melihat dan mempraktekkan proses pengukuran tanah sebanyak 7 bidang, dengan total luas 2.000 m².

Kegiatan ini dilakukan oleh Menteri AHY bertujuan agar bisa mengetahui tugas teknis pegawai ATR/BPN di lapangan dan juga mengetahui permasalahan di lapangan.

Akan hadir dalam kesempatan ini, sejumlah Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama Kementerian ATR/BPN; Sejumlah Kepala Kantor Pertanahan di Provinsi Jawa Barat beserta jajaran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terbaru

ICW Desak KPK Bongkar Sponsor di Balik Suap Harun Masiku

  Indoissue.com - Indonesia Corruption Watch (ICW) mendesak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) agar juga mengusut orang-orang yang dicurigai mendalangi penggantian...