Minta Rumput Stadion SUGBK Berstandar FIFA, Dede Yusuf: Masih Ada Waktu Lakukan Perbaikan

IndoIssue – Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Dede Yusuf minta rumput Stadion Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta, harus memenuhi standar FIFA saat timnas Indonesia menjamu Vietnam dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2026 pada 21 Maret mendatang.

Pemerintah harus secara serius untuk mempersiapkan venue yang akan dipakai nanti, termasuk rumput lapangan, sehingga tidak memancing pandangan buruk publik yang bisa memengaruhi citra penyelenggaraan kegiatan internasional di Indonesia.

“Kalau kita sudah siap sebagai penyelenggara internasional, salah satu yang disiapkan ialah venue. Masih ada waktu untuk melakukan perbaikan kalau rumputnya belum bagus,” kata politisi Partai Demokrat tersebut dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis (7/3)

Ia berharap, pemerintah segera memperbaiki kondisi rumput jika memang dalam kondisi buruk, sehingga bisa mengikuti standar internasional yang telah ditetapkan FIFA.

“Masalah bagus atau tidak perbedaan stadion masing-masing negara berbeda. Yang penting rumput lapangan harus standar FIFA,” ujar dia.

Pengamat sepak bola Tommy Welly menekankan bahwa pertandingan kualifikasi Piala Dunia merupakan laga penting, sehingga harus dipersiapkan secara optimal oleh pemerintah melalui pengelola SUGBK.

“Event bola paling tinggi kan Piala Dunia, termasuk turunannya kualifikasi Piala Dunia. Jadi ya kualitasnya harus yang terbaik dan memenuhi standar FIFA Matchday,” ujar dia.

Ia mengaku belum mengetahui terkait kondisi terkini dari rumput SUGBK saat ini. Namun, dia menekankan bahwa pengelola harus menyiapkan kualitas yang terbaik untuk penyelenggaraan pertandingan prestisius tersebut.

Sementara itu, dalam pertandingan uji coba Timnas Indonesia U-20 melawan Thailand pada 26 Januari lalu, kondisi rumput lapangan SUGBK sempat menjadi sorotan publik karena kondisi yang kurang baik. Warna rumput terlihat tidak hijau tetapi cenderung kuning dan beberapa titik tampak tidak rata pertumbuhannya, sehingga aliran bola dalam laga uji coba itu sedikit terganggu.

Pada Kamis 21 Maret 2024, tim asuhan Shin Tae-yong menjamu Vietnam dalam pertandingan ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 Grup F dan SUGBK terpilih menjadi tempat penyelenggaraan laga tersebut. Dalam dua pertandingan sebelumnya, Indonesia harus menelan kekalahan 1-5 dari Irak dan hanya mampu meraih hasil seri 1-1 melawan Filipina.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terbaru

Pengamat: Prabowo Berperan di Balik Suksesnya Bantuan ke Gaza

Indoissue.com - Pengamat militer sekaligus Co-Founder Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) Khairul Fahmi mengatakan Prabowo Subianto berperan...