Persib Bandung Resmi Juara Championship Series Liga 1 2023/2024 Setelah Mengalahkan Madura United

IndoIssue – Persib Bandung akhirnya mengunci gelar juara Championship Series Liga 1 2023/2024 usai mengalahkan Madura United 3-1 di partai leg kedua babak final yang berlangsung di Stadion Gelora Bangkalan, Madura, Jumat (31/5).

Dengan kemenangan ini, Persib Bandung berhak merengkuh titel juara Championship Series Liga 1 dengan agregat skor 6-1, setelah sebelumnya pada leg pertama, Persib unggul tiga gol tanpa balas.

Tiga gol kemenangan Persib Bandung berhasil dilesatkan oleh David da Silva pada menit ke-60, Marc Klok di menit ke-87, dan Beckham Putera di penghujung laga. Madura United baru bisa memperkecil ketertinggalan di babak tambahan waktu 90+6 melalui sepakan titik putih Selamet Dwi Cahyo.

Persib Bandung yang tampil lebih rileks mengambil inisiatif serangan sejak awal laga. Beberapa kali, umpan satu dua Ciro Alves dan David da Silva berhasil menembus lini pertahanan Laskar Sapeh Kerrab. Pada menit keenam, Persib mengancam melalui sundulan David da Silva, namun heading pemain berpaspor Brasil ini masih membentur mistar.

Perlahan namun pasti, tim tuan rumah Madura United mulai menemukan pola permainan terbaiknya. Tepat pada menit ke-14, tim asal Jawa Timur menebar ancaman lewat tendangan keras Jacob William Mahler dari luar kotak penalti, namun tembakannya masih mudah diamankan kiper Persib Bandung, Kevin Rey Mendoza.

Di menit ke-21, penyerang Persib, Ciro Alves, sempat terlihat dijatuhkan oleh bek Madura United di dalam kotak terlarang. Namun, aksi tersebut belum membuahkan penalti bagi Maung Bandung, lantaran wasit menyatakan play-on. Sepuluh menit berselang, Ciro kembali mengancam gawang Madura yang dikawal Lucas Henrique Frigeri. Melalui skema serangan balik, Ciro yang menerima umpan mendatar dari Febri Hariyadi berhasil membawa bola menuju kotak penalti, tetapi eksekusi akhirnya dari jarak sekitar 15 meter itu masih melambung di atas gawang Madura.

Jual beli serangan terus tersaji di penghujung babak pertama, namun gol yang ditunggu-tunggu tak kunjung datang. Skor kacamata 0-0 pun bertahan hingga interval. Madura United tampil dominan di awal babak kedua, dengan Hugo Gomes Dos Santos Silva alias Jaja sebagai motor serangan.

Jaja kemudian membuat peluang perdana bagi Laskar Sapeh Kerrab di menit ke-54, namun tembakan spekulasinya dari luar kotak penalti masih melambung di atas mistar gawang Kevin Mendoza.

Keasyikan menyerang, gawang Madura United justru dibobol Maung Bandung pada menit ke-60. Persib membuat kedudukan berubah 1-0 melalui sontekan David da Silva yang memanfaatkan bola muntah hasil sapuan kurang cermat Frigeri. Ini merupakan gol ke-30 yang dikemas sang striker berkepala pelontos di musim ini, memastikan da Silva mendapat predikat top skorer di musim ini. Gol da Silva juga sekaligus membuat langkah Madura United untuk membalikkan keadaan kian sukar, sebab skor agregat kini berubah menjadi 4-0 untuk keunggulan tim tamu.

Malik Risaldi hampir saja membuat skor imbang 1-1 di menit ke-70 andai finishingnya yang dari jarak dua meter dari gawang gagal diselamatkan Kevin Mendoza.

Persib Bandung kemudian menggandakan keunggulan menjadi 2-0 setelah Marc Klok mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-87. Gol tercipta setelah Ciro Alves melakukan aksi individu brilian yang menyisir sisi kanan pertahanan Madura, lalu melepas umpan ke depan kotak penalti yang langsung disambar oleh Marc Klok.

Gol Beckham Putera di penghujung babak kedua sekaligus membuat pesta gol Maung Bandung menjadi 3-0 di kandang Madura United. Madura United kemudian memperkecil ketertinggalan 3-1 di babak tambahan waktu 90+6 melalui sepakan titik putih Selamet Dwi Cahyo.

Hasil ini sekaligus memastikan Pangeran Biru mendapat gelar ketiganya di kompetisi domestik sejak berubah format menjadi Liga Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terbaru

ICW Desak KPK Bongkar Sponsor di Balik Suap Harun Masiku

  Indoissue.com - Indonesia Corruption Watch (ICW) mendesak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) agar juga mengusut orang-orang yang dicurigai mendalangi penggantian...