Temui PM Jepang, Prabowo Sampaikan Ingin Perkuat Kerja Sama Pertahanan

Indoissue.comMenteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto menyampaikan bahwa Indonesia ingin memperkuat kerja sama di bidang pertahanan dengan Jepang.

 

Hal itu disampaikan Prabowo saat melakukan kunjungan kehormatan kepada Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida di Tokyo, Jepang, Rabu (3/4/2024) waktu setempat.

 

“Kedua negara telah membangun hubungan kerja sama yang baik sejauh ini, dan meminta pemerintah Jepang untuk bekerja sama guna mencapai hubungan yang lebih kuat di masa depan dan meningkatkan kolaborasi di bidang pertahanan,” ujar Prabowo dikutip dari siaran pers Kementerian Pertahanan (Kemenhan), Kamis (4/4/2024).

 

Sementara itu, PM Kishida berharap dapat memperdalam kolaborasi bilateral dengan Indonesia untuk mendorong kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

 

“Kunjungan ini sangat menggembirakan. Jepang dan Indonesia telah berteman dekat sejak lama. Saya ingin (Jepang dan Indonesia) lebih meningkatkan kerja sama sebagai mitra yang berbagi nilai dan prinsip dasar,” ujar Kishida.

 

Saat menyambut Prabowo, Khisida juga mengucapkan selamat kepada Ketua Umum Partai Gerindra itu atas kemenangannya di pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

 

“Yang mulia, saya ucapkan selamat atas keterpilihannya di pemilihan presiden,” kata Kishida saat menyambut kedatangan Prabowo di kantornya.

 

Dalam pertemuan bilateral tersebut, delegasi Jepang dihadiri oleh Deputy Chief Cabinet Secretary Hiroshi Moria; Secretary General Takeo AKIBA; Duta Besar Jepang untuk Indonesia H.E. Masaki Yasushi; Deputy Minister for Foreign Affairs Takehiro Funakoshi; DG South Asia Ryo Nakamura; dan Vice Minister of Defense for International Affairs Kiyoshi Serizawa.

 

Sementara itu, dari pihak delegasi RI yang hadir adalah Dubes RI untuk Jepang Heri Akhmadi; Wakil Ketua Komisi I DPR RI Sugiono; Kepala Bais TNI Letjen Yudi Abrimantyo; Kepala Badan Sarana Pertahanan Kemehan Marsda TNI Yusuf Jauhari; dan pejabat Atase Pertahanan RI di Tokyo.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terbaru

Kecewa Wasit Rugikan Timnas Indonesia, Shin Tae-yong: Ini Adalah Pertunjukan Komedi

IndoIssue - Pelatih timnas U-23 Indonesia, Shin Tae-yong terang-terangan menyebut wasit dalam laga kontra Qatar sangat berpihak kepada tuan...