AHY: IKN Jadi Pusat Kebudayaan dan Peradaban

Indoissue.com – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), mengatakan Ibu Kota Nusantara (IKN) tak hanya sekedar pusat pemerintahan, tapi juga pusat kebudayaan dan peradaban.

Hal ini ia sampaikan dalam unggahan video di akun instagram pribadinya @agusyudhoyono, Jumat (1/3).

Dalam unggahannya, AHY membagikan pengalamannya berolahraga lari di IKN. Dia juga mengomentari perkembangan pembangunan IKN yang terus berlangsung.

Dari video tersebut, terlihat AHY mengenakan pakaian loreng hijau khas TNI. Dia sempat berhenti sejenak di puncak sebuah bukit yang menawarkan pemandangan indah kota IKN.

“Selamat pagi dari IKN 1 Maret, Ibu Kota Nusantara, saat ini saya sedang berada di sebuah bukit yang bisa melihat secara luas pemandangan yang begitu indah,” ujar AHY.

“Kalau lihat di sana itu adalah kawasan inti pusat pemerintahan yang sedang dibangun, nanti disana ada Istana Kepresidenan, ada lapangan upacara untuk 17 Agustusan, lau ada kompleks perkantoran termasuk untuk para menteri,” tambah AHY.

AHY mengatakan IKN akan dibangun secara bertahap. Dia menegaskan IKN tidak hanya sebagai pusat pemerintahan, tapi juga pusat ekonomi, pusat kebudayaan, pusat pendidikan, dan semua yang menjadi simbol Indonesia semakin maju, Indonesia Emas 2045.

AHY juga menyatakan udara di IKN sangat sejuk ketika dia berlari pagi. Dia juga menikmati keindahan bukit-bukit yang hijau.

“Yang jelas kita sangat senang dan berbangga jika pada akhirnya Indonesia memiliki sebuah pusat kebudayaan dan pusat peradaban yang juga tinggi karena visi dari Presiden Joko Widodo dan kita semua pemerintah adalah menghadirkan sebuah Ibu Kota yang hadirkan karakteristik yang cerdas, smart city, dan forest city, karena bukan hanya nanti cerdas, tapi juga sangat ramah lingkungan,” jelas AHY.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terbaru

Pengamat: Prabowo Berperan di Balik Suksesnya Bantuan ke Gaza

Indoissue.com - Pengamat militer sekaligus Co-Founder Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) Khairul Fahmi mengatakan Prabowo Subianto berperan...