Ganjar-Mahfud Dilaporkan ke Bawaslu, Diduga Melanggar Aturan Kampanye

Indoissue.com – Ganjar-Mahfud MD sebagai pasangan Capres dan Wacapres nomor urut 3 dilaporkan oleh Sekumpulan advokat yang terhimpun dalam Pengacara Pembela Pilar Konstitusi (P3K) ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Laporan itu dilayangkan karena paslon tersebut diduga melanggar aturan kampanye.

“Kami hari ini telah melaporkan ke Bawaslu terkait adanya pelanggaran dugaan masa pemilihan yang mana yang seharusnya kampanye itu dilakukan setelah masa sosialisasi, namun pada saat pemilihan nomot urut itu (kampanye) disampaikan oleh paslon nomor urut 3, seharusnya hal itu tidak boleh dilakukan,” Ucap perwakilan P3K Maydika Ramadani saat ditemui di Kantor Bawaslu RI, Jumat (17/11/2023).

Dia menjelaskan, unsur pelanggaran kampanye yang dimaksud yaitu isi pantun yang disampaikan oleh cawapres Mahfud MD dalam acara pengundian nomor urut capres-cawapres di KPU RI pada Selasa (14/11/2023) lalu.

Pantun tersebut berbunyi ‘hukum yang tegak harapan kita, sejahtera merata idaman bersama, Ganjar Mahfud pilihan kita, gotong-royong pilih nomor 3. Dan pantun lainnya yang diucapkan Mahfud berbunyi ‘membakar seafood dari Palu, ke negeri China naik pesawat, kalau Ganjar-Mahfud menang pemilu, dukungan ke Palestina makin menguat’.

“Dari pantun tersebut kita mengetahui bahwa sangat jelas kalimat tersebut adalah kalimat seruan untuk memilih atau mendukung paslon tersebut. Oleh karena itu pada hari ini kami langsung melaporkan kejadian tersebut ke Bawaslu RI,” tegas nya.

Maydika juga mengatakan, pihaknya turut membawa sejumlah bukti untuk menguatkan laporan. Diantaranya adalah berita-berita online, video televisi, serta channel Youtube KPU RI. Sementara itu mengenai saksi-saksi dalam laporan tersebut, dia mengaku tidak menghadirkannya saat ini. Dia mengatakan siap menghadirkan jika dibutuhkan.

“Mungkin nanti pada saat pemeriksaan kita percayakan kepada Bawaslu ketika ini memang sudah dilanjutkan. Kalau kami dipanggil ya kami akan hadirkan saksi. Tapi nama-nama saksi sudah kami berikan ke Bawaslu,” kata Maydika.

Sebelumnya diketahui, tiga paslon capres-cawapres Pilpres 2023 menghadiri acara pengundian nomor urut di KPU pada Selasa (14/11/2023) malam. Hasil pengundiannya, paslon Anies-Muhaimin mendapat nomor urut 1, Prabowo-Gibran nomor urut 2, dan Ganjar-Mahfud nomor urut 3.

Setelah penentuan nomor urut, masing-masing paslon menyampaikan sambutannya. Paslon Ganjar-Mahfud diwakili oleh Ganjar dalam menyampaikan pidato, kemudian diakhiri oleh Mahfud dengan membacakan pantun.

“Alhamdulillah kami dapat nomor tiga ada doa pantun penutup. ‘Hukum yang tegak harapan kita, sejahtera merata di depan bersama, Ganjar mahfud pilihan kita, gotongroyong pilih nomor tiga,” kata Mahfud di hadapan dua paslon lainnya dan para pendukung seluruh paslon yang ditayangkan pula secara langsung di berbagai stasiun televisi, termasuk Youtube channel KPU.

“Satu lagi. Membakar seafood dari Palu, ke negeri Cina naik pesawat,kalau Ganjar Mahfud menang Pemilu, dukungan ke Palestina makin menguat,” lanjut Mahfud

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terbaru

Sambung Rasa Reforma Agraria Summit 2024, 1 Dekade Reforma Agraria di Indonesia

Indoissue.com - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Penataan Agraria menggelar Reforma Agraria...