Menang Telak 6-1 atas Laos, Timnas Indonesia Lolos Semifinal Piala AFF U-16

IndoIssue – Timnas Indonesia U-16 menutup fase grup Piala AFF U-16 2024 dengan hasil yang sangat memuaskan berhasil menaklukan Timnas Laos U-16 dengan skor telak 6-1 dan mengunci status sebagai juara Grup A.

Kemenangan ini memastikan langkah Timnas Indonesia U-16 ke semifinal dengan catatan sempurna.

Pertandingan yang berlangsung di Stadion Manahan, Solo, memperlihatkan dominasi Indonesia sejak awal laga. Timnas Indonesia langsung tampil menekan dan bermain agresif. Namun, di menit ke-5, Laos mendapatkan penalti setelah Matthew Sitorus menjatuhkan Sayyavath Vansavath di kotak terlarang. Phayak Siphanom yang menjadi eksekutor sukses menjalankan tugasnya dengan baik, membuat Laos unggul lebih dulu 1-0.

Tidak lama berselang, giliran Indonesia yang mendapatkan penalti di menit ke-22 setelah Gholy dijatuhkan di kotak terlarang. Muhamad Zahaby Gholy yang mengambil eksekusi penalti sukses menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Hanya berselang lima menit, Indonesia berbalik unggul 2-1 setelah pemain Laos melakukan gol bunuh diri saat mencoba mengantisipasi sepak pojok dari Fabio Azka.

Dominasi Indonesia terus berlanjut. Di menit ke-37, Josh Holong mencetak gol ketiga bagi Indonesia. Bermula dari lemparan jauh Fabio, bola diteruskan oleh Tristan dengan sundulan yang kemudian disambar oleh Josh Holong menjadi gol. Skor berubah menjadi 3-1. Pada masa injury time babak pertama, Putu Panji menambah keunggulan Indonesia menjadi 4-1 melalui tandukan dari tendangan bebas Fabio. Skor ini bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, intensitas permainan tetap tinggi. Indonesia mendominasi jalannya pertandingan, sementara Laos berusaha mencetak gol untuk memperkecil ketertinggalan. Di menit ke-61, Josh Holong mencetak gol keduanya dalam pertandingan ini, memanfaatkan umpan terukur dari Daniel Alfrido, membuat skor menjadi 5-1.

Timnas Indonesia terus menekan dan di menit ke-79, Mochammad Mierza mencatatkan gol keenam Indonesia. Lolos dari jebakan offside, Mierza berhadapan satu lawan satu dengan kiper Laos dan berhasil mencetak gol dengan tembakan mendatar. Indonesia unggul 6-1.

Meskipun tertinggal lima gol, Timnas Laos tidak menyerah dan mencoba untuk menyerang, namun tidak ada gol tambahan yang tercipta hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya pertandingan. Skor 6-1 bertahan hingga akhir laga, mengantarkan Timnas Indonesia U-16 sebagai juara Grup A dengan perolehan sembilan poin dari tiga pertandingan.

Kemenangan ini tidak hanya mengamankan posisi Indonesia di semifinal, tetapi juga menunjukkan potensi besar para pemain muda dalam kompetisi internasional. Diharapkan performa gemilang ini terus berlanjut hingga babak-babak selanjutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terbaru

Terima Kunjungan Pimpinan MPR RI, AHY dan Bamsoet Bahas Isu Politik dan Demokrasi

Indoissue.com - Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menerima kunjungan Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) beserta...