Menteri AHY Disambut Upacara Potong Pantan Diiringi Tarian Tradisional Kalimantan Tengah di Bumi Tambun Bungai

Indoissue.com – Kehadiran Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Kota Palangka Raya pada Kamis (27/06/2024) disambut upacara Potong Pantan yang dipimpin oleh pemuka adat Suku Dayak. Tarian dan tabuhan alat musik tradisional dari Bumi Tambun Bungai ini juga turut memecah suasana Bandar Udara Tjilik Riwut.

Potong Pantan merupakan salah satu upacara adat penyambutan tamu yang telah dilakukan sejak zaman nenek moyang dan diwariskan secara turun temurun hingga generasi saat ini. Upacara ini ditujukan untuk menyambut tamu yang dihormati serta sebagai doa-doa dan ungkapan atas penyertaan Tuhan Yang Maha Kuasa, sehingga tamu tersebut selamat sampai ditempat tujuan.

“Ini tradisi yang unik dan tentunya penuh dengan nilai. Sebuah tradisi Dayak yang dihadirkan tadi oleh mantir atau pemuka adat diniatkan untuk menyambut tamu yang mudah-mudahan kehadirannya bisa membawa kebaikan keberkahan,” ujar Menteri AHY di hadapan awak media yang menunggu di Gerbang Kedatangan Bandara Tjilik Riwut.

Ia pun berharap tradisi tersebut dapat memudahkan rangkaian kunjungan kerjanya hari ini hingga esok hari. “Dengan cara menggulung kain, memotong dahan kayu, ini simbol-simbol yang tentunya penuh dengan makna. Mudah-mudahan segala halangan dan rintangan bisa kita atasi dan kita sama-sama bisa bekerja lebih baik lagi untuk masyarakat di Palangka Raya dan juga Kalimantan Tengah,” ungkap Menteri ATR/Kepala BPN.

Menteri AHY kemudian dikalungkan syal serta mengenakan Topi Dayak Kalimantan Tengah. Sembari meninggalkan lokasi penyambutan, Pemuka Adat menuturkan doa. “Semoga tidak ada yang menghambat perjalanan kerja Bapak, semua halangan dapat teratasi dan dimudahkan,” ucapnya kepada Menteri ATR/Kepala BPN.

Turut mendampingi Menteri AHY dalam kunjungan kerja ini, Staf Ahli Menteri Bidang Partisipasi Masyarakat dan Pemerintah Daerah, Yulia Jaya Nirmawati; Staf Khusus dan Tenaga Ahli Menteri, serta Kepala Biro Humas Kementerian ATR/BPN. Kehadiran Menteri AHY disambut oleh Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Kalimantan Tengah, Elijas B. Tjahajadi; dan perwakilan Gubernur beserta Forkopimda Kalimantan Tengah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terbaru

Persib Bandung Awali Piala Presiden 2024 dengan Kemenangan 2-0 atas PSM Makassar

IndoIssue - Persib Bandung mengawali kampanye mereka di Piala Presiden 2024 dengan kemenangan meyakinkan 2-0 atas PSM Makassar. Pertandingan...