Menteri AHY Serahkan Sertipikat Tanah Wakaf dan PTSL di Kabupaten Gresik

Indoissue.com – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyerahkan sejumlah sertipikat tanah kepada masyarakat Kabupaten Gresik, Jumat-Sabtu (05-06/07/2024). Di hari pertama kunjungannya, Menteri AHY menyerahkan sertipikat tanah wakaf di Kompleks Pemakaman Sunan Giri.

Ia menyerahkan empat sertipikat yang terdiri dari sertipikat Yayasan Makam Sunan Giri Kebomas Gresik yang diperuntukkan bagi kegiatan sosial keagamaan dan Masjid Ainul Yaqin Sunan Giri yang diperuntukkan untuk kegiatan ibadah umat muslim setempat.

Dua sertipikat lainnya adalah sertipikat Yayasan Pondok Pesantren Darul Insan Gresik yang diperuntukkan bagi sekolah keagamaan, dan sertipikat Musala Baitur Rahman.
Sejumlah sertipikat yang diserahkan merupakan bagian dari komitmen Kementerian ATR/BPN dalam melaksanakan Gerakan Nasional Sertipikasi Rumah Ibadah dan Pesantren.

Hal ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo yang meminta agar kebebasan beragama dan beribadah seluruh umat bisa terjamin secara aman.
Arahan tersebut dilaksanakan secara konkret oleh Kementerian ATR/BPN dengan memberikan kepastian hukum hak atas tanah melalui program sertipikasi tanah bagi seluruh tanah-tanah wakaf, rumah ibadah, tanpa terkecuali dan tanpa diskriminasi.

Komitmen tersebut juga meneguhkan pesan dan nilai ketakwaan serta keimanan kepada Allah SWT dan sebagai bentuk kesalehan vertikal yang harus dijaga.
Dengan diserahkannya sertipikat tanah wakaf, diharapkan dapat memberikan rasa aman karena saat ini tanah wakaf/rumah ibadah memiliki kepastian hukum atau legalitas yang diakui secara sah, sehingga pengurus atau juga pembina yayasan. Selain itu, juga diharapkan jemaah bisa beribadah dan melakukan kegiatan keimanan lainnya dengan rasa aman dan tenang.

Kemudian pada Sabtu (06/07/2024), Menteri AHY menyerahkan 21 sertipikat hasil dari program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Desa Kepatihan, Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik. Sertipikat yang diserahkan kali ini berupa Sertipikat Tanah Elektronik.

Penyerahan sertipikat dilakukan secara door to door dengan tujuan agar Menteri AHY dapat berdialog langsung dengan masyarakat terkait proses pengurusan sertipikat. Dengan demikian, Menteri AHY dapat memastikan secara langsung kondisi di lapangan terkait jalannya program PTSL.

Turut mendampingi Menteri ATR/Kepala BPN dalam kesempatan ini, sejumlah Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama Kementerian ATR/BPN. Hadir pula, Plt. Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Jawa Timur beserta jajaran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terbaru

Persib Bandung Awali Piala Presiden 2024 dengan Kemenangan 2-0 atas PSM Makassar

IndoIssue - Persib Bandung mengawali kampanye mereka di Piala Presiden 2024 dengan kemenangan meyakinkan 2-0 atas PSM Makassar. Pertandingan...