Pakar Asing Prediksi Prabowo Bawa RI di Kancah Dunia

Indoissue.com – Pakar politik dan keamanan internasional Universitas Murdoch dari Australia, Ian Wilson, memprediksi gaya kepemimpinan Presiden Terpilih RI, Prabowo Subianto, di kancah global ketika resmi menjabat nanti.

 

Wilson membandingkan kemungkinan sikap Prabowo dan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di panggung global, Kamis (21/3).

 

“Ini mungkin ada dua sisi. Satu sisi, dibandingkan Jokowi, Prabowo cukup nyaman di panggung internasional. Bahasa Inggris bagus, dia berpengalaman tinggal di Amerika Serikat, di Eropa, dan sudah merasa nyaman di panggung internasional,” ujar Wilson.

 

Dia juga menduga Prabowo menikmati dianggap sebagai negarawan selama menjadi Menteri Pertahanan.

 

Namun, Wilson mencatat karakter Prabowo yang terkenal “mudah tersinggung, reaktif” di mata orang Indonesia.

 

“Dan ada mungkin kekhawatiran bahwa itu akan muncul di dalam sikap terhadap kebijakan luar negeri. Tapi saya merasa, setidaknya itu akan nampak setelah kabinet baru disusun,” ucap dia.

 

Wilson juga menyoroti pandangan internasional terhadap Indonesia akan bergantung Menteri Luar Negeri yang dipilih Prabowo.

 

Jika Menlu itu berasal dari kalangan diplomat, kata dia, mungkin komunitas internasional akan merasa cukup nyaman.

 

Namun, Wilson juga menggarisbawahi jika posisi Menlu dipegang politikus tertentu sebagai salah satu kesepakatan koalisi, negara lain bakal waspada.

 

“Kalau itu dia memilih yang politik, misalnya bagian dari jatah kementerian, parpol, ya mungkin [negara lain] akan agak was-was sedikit,” ungkap dia.

 

Di kesempatan itu, Wilson memprediksi soal kebijakan luar negeri Indonesia di bawah Prabowo tak akan beda jauh dengan Jokowi.

 

Indonesia memiliki prinsip non-blok yang artinya tak berpihak ke kubu tertentu. Negara ini, lanjut dia, berusaha menjalin hubungan baik dengan semua pihak.

 

“Saya merasakan [kebijakan luar negeri Indonesia] itu tidak akan begitu berubah,” ujar Wilson.

 

Pekan lalu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan Prabowo dan pasangannya Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang di Pilpres 2024.

 

Prabowo-Gibran akan duduk di puncak kekuasaan usai dilantik pada Oktober mendatang.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terbaru

Kecewa Wasit Rugikan Timnas Indonesia, Shin Tae-yong: Ini Adalah Pertunjukan Komedi

IndoIssue - Pelatih timnas U-23 Indonesia, Shin Tae-yong terang-terangan menyebut wasit dalam laga kontra Qatar sangat berpihak kepada tuan...