Prabowo: Pengiriman Bantuan Bukti RI Terus Dukung Palestina

Indoissue.comMenteri Pertahanan, Prabowo Subianto melepas Satgas Muhibah/Port Visit ke Mesir. Pelepasan ini bersamaan dengan pelepasan kapal rumah sakit TNI, KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 ke Palestina.

 

Prabowo mengatakan pengiriman bantuan ini merupakan wujud kepedulian pemerintah Indonesia terhadap rakyat sipil korban agresi Israel ke Gaza, Palestina. “Indonesia mendukung perjuangan rakyat Palestina dan kita terus kerahkan apa yang bisa kita buat untuk dukung perjuangan rakyat Palestina,” kata Prabowo di Dermaga Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (18/1/2024).

 

Prabowo menambahkan bantuan yang diberikan Indonesia ke Gaza menjadi bukti Indonesia terus mendukung rakyat Palestina dalam perjuangannya membela diri dan meraih kemerdekaan atas agresi Israel.

 

Pelepasan kapal rumah sakit ini juga bersamaan dengan pengiriman bantuan kemanusiaan berupa popok sekali pakai (532 karung); pakaian anak-anak (600 karung); pakaian dewasa (700 karung dan 500 boks); susu (800 kardus); biskuit (650 dus); air mineral galon (1.254 galon); air mineral kardus (1.700 kardus); obat-obatan (460 kardus); selimut (450 karung); jaket (450 karung); dan mie instan (470 kardus).

 

Seluruh bantuan itu akan diberangkatkan menuju pelabuhan Al Arish di Mesir untuk disalurkan ke korban konflik Gaza oleh otoritas yang berwenang, seperti Egypt Red Crescent atau Bulan Sabit Merah Mesir.

 

Pelayaran menempuh rute Jakarta menuju Belawan hingga ke Al Arish. Kemudian akan kembali dengan melintasi Jeddah, lalu ke Batam dan kembali lagi ke Jakarta. Total waktu dari pelayaran ini hingga kembali ke tanah air ditargetkan akan mencapai waktu sekitar 52 hari perjalanan.

 

Pelepasan pengiriman bantuan ini turut disaksikan sejumlah mahasiswa Palestina penerima beasiswa pendidikan di Universitas Pertahanan (Unhan) RI. Tampak raut kebahagiaan dan rasa haru di wajah mahasiswa Palestina tersebut.

 

Saat ini terdapat 22 mahasiswa asal Palestina yang mengenyam pendidikan di Unhan. Mereka diserahterimakan secara langsung oleh Duta Besar Palestina, Zuhair S.M Al-Shun, kepada Prabowo pada November 2023 lalu. Program beasiswa dari Kemhan RI ini merupakan inisiatif dari Prabowo yang menindaklanjuti pembicaraan dengan Dubes Palestina pada 2022.

 

Upaya Prabowo memfasilitasi program beasiswa S1 Unhan RI bagi pemuda dan pemudi Palestina merupakan salah satu bentuk kepedulian dan kerja sama antara Indonesia dengan Palestina. Program studi yang mereka ambil di antaranya kedokteran militer, farmasi militer, teknik sipil, teknik tenaga listrik, teknik mesin dan rekayasa keamanan informasi selama lima tahun ke depan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terbaru

Presiden Jokowi Lantik Agus Harimurti Yudhoyono sebagai Menteri ATR/BPN

Indoissue.com - Presiden Joko Widodo secara resmi melantik Agus Harimurti Yudhoyono sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan...