Prabowo Resmikan 12 Titik Sumber Air Bersih di Pamekasan

Indoissue.com – Calon Presiden Koalisi Indonesia Maju, Prabowo Subianto meresmikan 12 titik sumber air bersih di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, Minggu kemarin, 26 November 2023. Bantuan kepada warga yang mengalami kesulitan itu tersebar di 5 kecamatan di Pamekasan.

 

5 kecamatan itu meliputi 3 titik di Kecamatan Pegantenan; 2 titik di Kecamatan Palengaan; 4 titik di Kecamatan Batumarmar; 2 titik di Kecamatan Waru; dan 1 titik di Kecamatan Pasean.

 

Menteri Pertahanan Republik Indonesia itu menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas kerja keras semua pihak yang akhirnya mampu membantu masyarakat, khususnya mereka yang tinggal di wilayah Pamekasan menghadapi krisis air bersih.

 

“Hari ini saya berbahagia dan bersyukur dapat hadir di Kabupaten Pamekasan menyerahkan secara resmi bantuan ini,” kata Prabowo.

 

Prabowo mengaku patut berbahagia karena melihat hasil kerja keras dari banyak unsur. Dia berterima kasih kepada Rektor Unhan, Dekan Fakultas Science dan Teknologi Pertahanan, para insinyur, ahli teknik, dan yang telah bekerja keras sehingga hari ini bisa melihat 12 titik air sudah mengalir dan sudah dimanfaatkan.

 

Calon presiden nomor urut 2 ini menjelaskan, air tersebut nantinya dapat dimanfaatkan oleh hampir 10 ribu warga Pamekasan.

 

“Tadi saya dapat laporan, kalau dihitung kurang lebih bantuan ini akan dirasakan manfaatnya oleh hampir 10 ribu warga Pamekasan, mereka sudah tidak mengalami kesulitan air,” jelasnya.

 

“Kita masih terus bekerja di 15 titik yang sedang bekerja di dusun-dusun yang lain, mudah-mudahan diperkirakan satu bulan lagi akan mengalir semua di 15 titik tersebut,” ujar Prabowo.

 

Dirinya juga mengupayakan akan hadir langsung untuk meresmikan 15 titik lanjutan itu. “Insya Allah, saya akan kembali untuk meresmikannya,” pungkasnya.

 

Rencana itu berawal dari laporan yang disampaikan kepada Prabowo bahwa di Wilayah Pamekasan Madura masih ada yang kesulitan mendapatkan air bersih.

 

“Tadi saya juga dapat laporan mungkin masih ada di Madura yang kesulitan air, InsyaAllah kita akan terus bekerja dan bisa memberi manfaat dalam waktu yang tidak lama,” harapnya.

 

Prabowo menegaskan, akan terus berupaya untuk memperluas jangkauan bantuan titik sumber air bersih ini ke wilayah-wilayah lainnya yang terdampak krisis air.

 

Sejak tahun 2022, Prabowo telah memberi instruksi kepada Universitas Pertahanan (Unhan) RI untuk membentuk Satuan Tugas (Satgas) Air Bersih yang bertugas untuk memetakan wilayah yang sering mengalami kekeringan.

 

Satgas Air Bersih itu kemudian diinstruksikan untuk membuat sumur bor beserta sarana dan prasarana lainnya yang dapat mempermudah masyarakat untuk mendapat akses air bersih.

 

Tak hanya di wilayah Madura, Prabowo mengungkap daerah lain seperti Banten, Jawa Barat dan di Luar Pulau Jawa juga masih ada yang membutuhkan pasokan air bersih. Untuk itu, Prabowo mengimbau kepada Universitas Pertahanan dan pihak terkait para ahli untuk bisa meningkatkan alat-alat pengeboran mereka.

 

“Daerah-daerah lain juga, Jabar Banten dan di luar Jawa. Jadi, ini sesuatu Unhan, coba dipikirkan untuk meningkatkan alat-alat nya ya. Jadi, mungkin kita harus tambah dan bekerja lebih cepat lagi,” tandasnya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terbaru

Sambung Rasa Reforma Agraria Summit 2024, 1 Dekade Reforma Agraria di Indonesia

Indoissue.com - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Penataan Agraria menggelar Reforma Agraria...