Prabowo: RI Siap Kerahkan Tenaga Medis dan Bangun RS di Gaza

Indoissue.comMenteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto menegaskan Indonesia siap mengevakuasi korban, membangun RS lapangan, dan mengirimkan lebih banyak tenaga medis ke Gaza.

 

Hal tersebut diungkapkan saat berpidato mewakili Presiden RI Joko Widodo dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Tanggap Darurat Gaza di Amman, Jordania, Selasa (11/6/2024).

 

“Kami siap mengerahkan lebih banyak tenaga medis, membangun rumah sakit (RS) lapangan untuk beroperasi di Gaza,” kata Prabowo dalam pidatonya.

 

Dalam forum tingkat tinggi yang digelar oleh Mesir, Jordania, dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) itu, Prabowo juga menyebut Indonesia siap meningkatkan kontribusinya untuk mendukung kerja UNRWA (Badan PBB untuk Pengungsi di Palestina) di Gaza.

 

“Kami juga siap untuk sekali lagi mengerahkan kapal bantu rumah sakit, dan mengerahkan seluruh Alutsista udara yang ada untuk berpartisipasi menerjunkan bantuan (airdrop) jika dibutuhkan,” ujarnya.

 

Tak hanya itu, presiden terpilih 2024-2029 ini melanjutkan Indonesia bersedia mengevakuasi 1.000 pasien, yaitu para korban perang sekaligus mengobati mereka di sejumlah rumah sakit yang ada di Indonesia.

 

Para korban perang, terutama anak-anak yang kehilangan orang tuanya di Gaza itu menurutnya akan dipulangkan kembali ke Gaza jika situasi di sana sudah dinyatakan normal.

 

“Mereka akan mendapatkan perawatan pascatrauma, juga kami akan sekolahkan mereka, kemudian mereka akan pulang ke Gaza saat situasinya kembali normal,” ucapnya.

 

Terlepas dari berbagai bantuan yang siap diberikan Indonesia untuk rakyat Palestina di Gaza, Prabowo menekankan krisis kemanusiaan di Gaza hanya dapat berhenti manakala Israel dan Palestina menyepakati solusi dua negara (two-states solution) sehingga keduanya dapat hidup berdampingan.

 

“Hanya dengan solusi dua negara itulah, konflik ini dapat berakhir,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terbaru

Terima Kunjungan Pimpinan MPR RI, AHY dan Bamsoet Bahas Isu Politik dan Demokrasi

Indoissue.com - Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menerima kunjungan Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) beserta...