Taklukan Filipina 2-0, Timnas Indonesia Lolos Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

IndoIssue – Timnas Indonesia mengakhiri babak kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia dengan kemenangan gemilang. Menghadapi Timnas Filipina, Skuat Garuda berhasil mencetak kemenangan dengan skor 2-0.

Gol pertama Indonesia dicetak oleh Thom Haye di babak pertama, diikuti oleh gol kedua yang dilesakkan oleh Rizky Ridho di babak kedua.

Kemenangan ini memastikan Timnas Indonesia finis di peringkat kedua grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Dengan demikian, Skuat Garuda akan melangkah ke babak ketiga bersama dengan Irak.

Pertandingan yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) memperlihatkan dominasi Timnas Indonesia sejak awal. Anak asuh Shin Tae-yong ini langsung melancarkan serangan ke pertahanan Filipina.

Peluang berbahaya pertama tercipta di menit ketujuh melalui sundulan Marselino Ferdinan, namun bola mengarah tepat ke kiper Filipina, Kevin Ray Mendoza. Peluang berikutnya datang dari tembakan Calvin Verdonk, tetapi tembakannya masih melebar dari gawang Filipina.

Filipina bertahan dengan sangat rapat, sempat membuat Timnas Indonesia frustrasi. Namun kebuntuan pecah pada menit ke-32. Thom Haye berhasil mencetak gol melalui tembakan jarak jauh setelah menerima umpan dari Nathan Tjoe-A-On, mengubah skor menjadi 1-0 untuk keunggulan Indonesia.

Gol tersebut meningkatkan kepercayaan diri Skuat Garuda yang terus menggempur pertahanan Filipina. Meski begitu, skor 1-0 bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Timnas Filipina tampil lebih menekan dan beberapa kali membuat lini pertahanan Indonesia kewalahan. Namun serangan-serangan Filipina terhenti pada menit ke-56 setelah Timnas Indonesia mencetak gol kedua. Melalui skema tendangan bebas, Nathan mengirimkan bola ke Rizky Ridho yang berhasil menyundul bola menjadi gol. Skor berubah menjadi 2-0 untuk Indonesia.

Gol kedua ini mengubah dinamika babak kedua. Timnas Indonesia kembali tampil dominan dan terus mengancam gawang Filipina. Pada menit ke-71, Jay Idzes nyaris mencetak gol tambahan melalui sundulan, namun bola hanya mengenai mistar gawang.

Di penghujung babak kedua, terjadi insiden ketika Adrian Ugelvik bertabrakan dengan kiper Indonesia, Ernando Ari, dalam duel udara. Akibatnya, Adrian Ugelvik harus dibawa keluar lapangan menggunakan ambulans untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Dengan kemenangan ini, Timnas Indonesia menunjukkan performa yang solid dan siap menghadapi tantangan di babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terbaru

ICW Desak KPK Bongkar Sponsor di Balik Suap Harun Masiku

  Indoissue.com - Indonesia Corruption Watch (ICW) mendesak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) agar juga mengusut orang-orang yang dicurigai mendalangi penggantian...