Inilah Penyebab 01 dan 03 Kalah dari Prabowo-Gibran

Indoissue.com – Kekalahan paslon 01 (Anies-Muhaimin) dan 03 (Ganjar-Mahfud) dari 02 (Prabowo-Gibran) lebih disebabkan salah strategi. Paslon 01 dan 03 lebih banyak menyerang ke 03 dan itu tidak disukai masyarakat Jawa.

 

“02 menang 1 putaran karena baik 01 mau pun 03 salah strategi (terlalu agresif menyerang 02. Strategi yang tidak njawani), kalah logistik dan kurang beruntung. Bukan karena 02 curang,” kata Guru Besar ITS Prof Daniel Mohammad Rosyid kepada redaksi www.suaranasional.com, Rabu (6/3/2024).

 

Daniel mengatakan, masyarakat di bawah tidak melakukan kecurangan dan lebih memilih Prabowo-Gibran dan itu dibuktikan di banyak TPS di Indonesia paslon 02 menang mutlak.

 

“Apalagi menyalahkan 1 orang untuk kecurangan TSM. Ini tidak realistis dan grusa grusu dan kurang memahami peristiwa yang terjadi di level akar rumput,” jelasnya.

 

Gambar 02 berada di tengah kartu suara pilpres, maka kemungkinan tercoblos bagi 01/02/03 itu bagi 150 juta pemilih mengarah ke 25/50/25. “Jadi, siapapun yang terundi di no urut 2, akan menang. Ini disebut Efek Tengah,” tegas Daniel.

 

Kata Daniel, hak angket atau Pansus kecurangan Pemilu untuk memakzulkan Presiden kemungkinan besar akan menemui jalan buntu karena memang telah dirancang sulit oleh UUD 2002 agar rekrutmen presiden yang mahal sekali ini tidak sia-sia.

 

“Sebagai muslim, kita dilarang buang-buang waktu dan bersikap mubadzir. Ada sains, ada juga keberuntungan. Life is damn too short. Saatnya untuk legowo dan move on. Episode Pemilu ini segera berakhir. Tantangan ke depan masih banyak,” pungkasnya.

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terbaru

Kecewa Wasit Rugikan Timnas Indonesia, Shin Tae-yong: Ini Adalah Pertunjukan Komedi

IndoIssue - Pelatih timnas U-23 Indonesia, Shin Tae-yong terang-terangan menyebut wasit dalam laga kontra Qatar sangat berpihak kepada tuan...