Kerja Sama Pertahanan RI-Singapura Makin Erat, Prabowo Dianugerahi Penghargaan Tertinggi

Indoissue.com – Pemerintah Singapura memberikan penghargaan tertinggi militer Darjah Utama Bakti Cemerlang (Tentera) kepada Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto pada hari Selasa (21/11/2023).

Prabowo datang ke Istana Kepresidenan Singapura sekitar pukul 12.30 waktu setempat dan disambut dengan hormat oleh Menhan Singapura Ng Eng Hen. Presiden Singapura Tharman Sanmugaratnam secara langsung menyerahkan penghargaan tersebut kepada Prabowo di Istana Kepresidenan Singapura.

“Prabowo mendapatkan penghargaan ini karena kontribusinya yang sangat besar dalam meningkatkan hubungan pertahanan yang harmonis antara Indonesia dan Singapura,” kata protokol Istana Kepresidenan Singapura saat upacara berlangsung.

Menurut Istana Kepresidenan Singapura, Prabowo sebagai Menhan telah memimpin proses ratifikasi Perjanjian Kerja Sama Pertahanan antara kedua negara. “Ini adalah pencapaian penting dalam hubungan pertahanan bilateral,” ucapnya.

Selanjutnya, Perjanjian Kerja Sama Pertahanan ini akan membuka peluang kerja sama dan interaksi yang lebih intens antara TNI dan angkatan bersenjata Singapura. Prabowo juga dinilai pantas mendapatkan penghargaan karena berhasil menjalin kerja sama yang kuat meski ada pandemi Covid-19 beberapa waktu lalu.

“Yang Mulia Prabowo Subianto juga mendorong kerja sama yang lebih baik antara kedua lembaga pertahanan dalam beberapa tahun terakhir, walaupun ada pandemi Covid-19,” kata Istana Kepresidenan Singapura.

Di sisi lain, lembaga pertahanan dari kedua negara juga telah berkolaborasi erat dalam inisiatif multilateral yang digagas oleh masing-masing negara.

“Indonesia TNI dan Angkatan Bersenjata Singapura melaksanakan latihan-latihan besar seperti Latihan Safkar Indopura, Latihan Gabungan Minex Pandu, Manyar Indopura, Camar Indopura, dan Super Garuda Shield. Mereka juga berkomunikasi secara rutin melalui kunjungan tingkat tinggi, pertukaran profesional, dan keikutsertaan bersama dalam kursus di semua Angkatan dan di semua tingkatan,” ujarnya.

Istana Kepresidenan Singapura kemudian menilai bahwa kerja sama pertahanan kedua negara berjalan dengan baik dan komitmen yang kuat untuk mengembangkan kerja sama di bidang-bidang baru yang menjadi kepentingan bersama dinyatakan dalam Pembaruan Bersama tentang Kerja Sama Pertahanan.

“Yang ditandatangani bersama oleh Yang Mulia Prabowo Subianto dan Menteri Pertahanan Singapura Dr Ng Eng Hen, serta disaksikan oleh Presiden Indonesia Yang Mulia Joko Widodo dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, dua negara pada bulan Maret 2023,” kata Istana Singapura.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terbaru

Bukti Program PTSL Berjalan Baik di Jawa Tengah, Menteri AHY Antar Langsung Sertipikat ke Rumah Masyarakat

Indoissue.com - Penyertipikatan tanah masyarakat terus dipercepat dengan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Program ini telah berjalan di...