Timnas U-16 Dekati Semifinal Piala AFF Setelah Kalahkan Filipina 3-0

IndoIssue – Timnas U-16 Indonesia mencatatkan hasil gemilang dalam laga kedua Grup A Piala AFF U-16 (Asean Championship Boys U-16) di Stadion Manahan, Surakarta, Senin (24/6) malam WIB. ‘Garuda Muda’ berhasil mengalahkan Filipina dengan skor 3-0.

Hasil positif ini membawa skuad asuhan Nova Arianto semakin dekat ke babak semifinal Piala AFF U-16. Mereka akan bertemu Laos pada laga terakhir Grup A, Kamis (27/6), untuk menentukan juara grup sekaligus tim yang otomatis lolos ke semifinal. Hanya juara grup yang akan otomatis lolos ke semifinal.

**Starting XI Timnas U-16 vs Filipina**

Timnas U-16: M. Nur Ichsan; Andi Faith, Putu Panji, Ida Bagus; Azizu Milanesta, Evandra Florasta, Lucas Lee, Dafa Zaidan; Fadly Alberto, Josh Holong, Fandi Ahmad.

Filipina: Francisco Sunico; Mariona Maniti, Poliquit Sarana, Gauzan Mirasol; Sombalon Fabela, C. Dolman, Briones Paulino, Atienza Steen; B. Omitade, P. Moleje, S. Brizuela.

**Jalannya Pertandingan Timnas U-16 vs Filipina**

Lucas Lee hampir mencetak gol bagi Timnas U-16 saat laga baru berjalan 2 menit. Namun, sepakannya dari luar kotak penalti masih melambung tipis di atas mistar gawang Filipina.

‘Garuda Muda’ kembali mendapatkan peluang emas memasuki tengah babak pertama. Sayangnya, kiper Filipina, Sunico, masih bisa menepis tendangan keras Evandra Florasta dari sisi kiri.

Hingga turun minum, agresivitas Timnas U-16 hampir di seluruh jalannya babak pertama belum membuahkan hasil. Mereka seringkali membuang peluang emas di depan gawang tim muda The Azkals.

Papan skor 0-0 menandai hasil akhir babak pertama.

Agresivitas ‘Garuda Muda’ baru membuahkan hasil pada menit ke-65. Evandra Florasta mampu mencetak gol memanfaatkan kesalahan komunikasi di antara lini belakang Filipina. Timnas U-16 unggul 1-0.

Tak berselang lama, Muhammad Mierza mampu menggandakan keunggulan Timnas U-16 pada menit ke-71. Berawal dari umpan datar Alberto, Mierza menyambut bola dengan tendangan tipis yang kembali merobek jala Filipina. ‘Garuda Muda’ mengubah skor menjadi 2-0.

Mierza mencetak brace di laga ini. Lewat defleksi di mulut gawang Filipina, Mierza mampu mengubah bola menjadi gol pada penghujung laga (90+2′). Timnas U-16 menambah keunggulan menjadi 3-0.

Hingga peluit panjang pertandingan, Filipina tidak mampu keluar dari tekanan permainan Timnas U-16. Alhasil, mereka tidak kunjung membuka keran gol untuk mengejar ketertinggalan. Timnas U-16 menang dengan skor 3-0.

Kemenangan ini menempatkan Timnas U-16 Indonesia di posisi yang sangat menguntungkan untuk melaju ke babak semifinal Piala AFF U-16. Pertandingan terakhir melawan Laos akan menjadi penentu apakah mereka bisa otomatis lolos sebagai juara grup. Dukungan dari para pendukung dan performa konsisten di lapangan akan menjadi kunci kesuksesan ‘Garuda Muda’ dalam turnamen ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terbaru

Persib Bandung Awali Piala Presiden 2024 dengan Kemenangan 2-0 atas PSM Makassar

IndoIssue - Persib Bandung mengawali kampanye mereka di Piala Presiden 2024 dengan kemenangan meyakinkan 2-0 atas PSM Makassar. Pertandingan...