Berkunjung ke Jakarta, Menlu Selandia Baru Temui Prabowo Subianto

Indoissue.com – Menteri Luar Negeri Selandia Baru, Winston Peters menemui Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto saat berkunjung ke Jakarta, Kamis (14/3/2024).

 

Peters mengaku membicarakan masa depan hubungan RI-Selandia Baru dalam pertemuan tersebut. Peters pun memberi ucapan selamat ke Prabowo yang unggul telak di Pilpres 2024. Utusan Selandia Baru itu menilai Prabowo sebagai calon presiden Indonesia saat ini.

 

“Kami menyambut baik kesempatan untuk bertemu dengan Menteri Prabowo untuk membahas penguatan kemitraan komprehensif kami, termasuk kepentingan pertahanan dan keamanan yang telah lama terjalin, dan juga untuk mengucapkan selamat kepada beliau atas keberhasilan kampanye dalam pemilihan umum di Indonesia,” kata Peters berdasarkan keterangan tertulis Kedubes Selandia Baru di Jakarta sebagaimana dikutip Antara.

 

Menurutnya, pertemuan dengan Prabowo bertujuan untuk membangun hubungan yang lebih kuat antara RI dan Indonesia melalui berbagai kerja sama baru.

 

Kunjungan ini merupakan tindak lanjut dari hubungan tingkat tinggi yang sudah terjalin antara Indonesia dan Selandia Baru yang memiliki pemerintah baru hasil Pemilu 2023 lalu.

 

Sebelumnya, Wakil Presiden Ma’Aruf Amin telah berkunjung ke Selandia Baru dan Perdana Menteri Christopher Luxon berrtemu Presiden Joko Widodo di sela-sela KTT Khusus ASEAN-Australia bulan lalu.

 

“Kami berada di Jakarta di awal masa pemerintahan baru kami, hal ini menunjukkan betapa pentingnya hubungan kami dengan Indonesia dan Asia Tenggara sebagai sebuah kawasan,” kata Peters.

 

Selain menemui Prabowo, Peters juga dilaporkan menemui Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

 

Peters dan Retno disebut mendiskusikan kemajuan dalam mencapai target perdagangan bilateral sebesar 4 miliar dolar Selandia Baru (sekitar Rp38,4 triliun) pada akhir 2024.

 

Kedua menlu juga membahas upaya untuk mencapai target perdagangan berikutnya melalui peningkatan ekspor hortikultura dan produk halal, diversifikasi produk yang lebih luas, serta meningkatkan hubungan pendidikan dan pariwisata.

 

“Kami berharap untuk bisa menandatangani perjanjian untuk saling mengakui produk halal dalam kunjungan Menteri Luar Negeri Marsudi ke Selandia Baru nanti. Perjanjian ini akan memberikan jaminan bagi konsumen Indonesia dan eksportir produk susu dan daging Selandia Baru. Indonesia merupakan pasar penting bagi produk halal Selandia Baru,” kata Peters.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terbaru

Pengamat: Prabowo Berperan di Balik Suksesnya Bantuan ke Gaza

Indoissue.com - Pengamat militer sekaligus Co-Founder Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) Khairul Fahmi mengatakan Prabowo Subianto berperan...