Laga Liga 3 Jateng Kembali Ricuh, PSSI Jateng akan Tindak Tegas

IndoIssue – Dua pertandingan Liga 3 Jawa Tengah kembali diwarnai kericuhan, membuat Asprov PSSI Jateng mengambil tindakan tegas.

Pertandingan antara Persibas Banyumas menghadapi Persibangga Purbalingga di Stadion Satria, Purwokerto dan pertandingan antara PPSM Magelang menghadapi Persip Pekalongan di Stadion Moch Soebroto, Magelang pada Rabu (22/11).

Kericuhan di Purwokerto terjadi setelah Persibas hanya bermain imbang 1-1 menghadapi Persibangga dan pertandingan terhenti di menit ke-80 akibat adanya kericuhan tersebut.

Sementara di Magelang, skor 1-1 terjadi antara PPSM dan Persip serta pertandingan terhenti di menit ke-85 karena kericuhan yang terjadi.

Baik Persibas mau pun PPSM sendiri sebelum pertandingan juga telah dipastikan tidak lolos ke babak 12 besar.

Yoyok Sukawi selaku Ketua Asprov PSSI Jawa Tengah pun angkat bicara terkait hal tersebut dan mengatakan Komite Disiplin PSSI Jawa Tengah akan bergerak cepat untuk mengusut kasus tersebut.

“Ya saya dapat laporan kalau dua pertandingan di Magelang dan Purwokerto ricuh saat pertandingan belum selesai. Ini fatal karena pertandingan belum selesai. Asprov PSSI Jateng sangat menyayangkan hal tersebut dan akan mengusut bagaimana hal ini bisa terjadi dengan mempelajari laporan pengawasan pertandingan serta video yang beredar. Selain itu, tentu ada hukuman bagi yang melanggar sesuai dengan kode disiplin,” ujarnya saat ditanya wartawan pada Rabu (22/11) malam.

“Sanksinya bisa berupa diskualifikasi dan sanksi tambahan untuk musim depan. Terkait sanksinya seperti apa, biar Komdis PSSI Jateng yang memutuskan,” lanjut Yoyok Sukawi.

Ada pun dalam regulasi Liga 3 Jateng memang disebutkan apabila ada kericuhan yang terjadi di stadion dengan masuknya penonton ke area lapangan dan area official bisa dihukum dengan diskualifikasi.

Dalam pasal 46 regulasi Liga 3 Jateng disebutkan terkait invation dan kerusuhan yang berbunyi “Apabila terjadi invasi dan rusuh di lapangan permainan yang ditimbulkan oleh tim, panpel, penonton dan suporter maka PSSI berhak mendiskualifikasi klub yang bersangkutan dari kompetisi Liga 3 Jawa Tengah 2023 dan seluruh pertandingan yang sudah dijalankan akan dihapuskan serta lanjutan sanksi sesuai dengan Kode Disiplin PSSI”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terbaru

Anang Hermansyah Dianggap Rusak Kesakralan Laga Timnas, Dede Yusuf Soroti Panpel PSSI

IndoIssue - Kehadiran musisi Anang Hermansyah & friends selepas laga sepakbola kualifikasi Piala Dunia 2026 babak kedua Tim Nasional...