Siapa Pilihan Rakyat Indonesia? Survei Populi Center Ungkap Elektabilitas Prabowo Tertinggi Kalahkan Anies dan Ganjar

Indoissue.com – Prabowo Subianto, bakal calon presiden dari Koalisi Indonesia Maju (KIM), menduduki peringkat pertama dalam survei elektabilitas yang dilakukan oleh Populi Center pada November 2023. Ketua Umum Partai Gerindra itu mendapatkan dukungan sebesar 35,1 persen dari responden yang ditanya siapa yang akan mereka pilih sebagai presiden jika pemilu diadakan hari ini.

“Prabowo Subianto menjadi pilihan terbanyak dalam pertanyaan terbuka,” kata Hartanto Rosojati, peneliti Populi Center, dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (9/11/2023).

Di bawah Prabowo, ada Anies Baswedan, bakal calon presiden dari Koalisi Perubahan, yang meraih elektabilitas sebesar 18,2 persen. Sedangkan Ganjar Pranowo, bakal calon presiden dari koalisi PDI-P, menempati posisi ketiga dengan elektabilitas sebesar 18 persen.

Survei Populi Center dilakukan pada 29 Oktober sampai 5 November 2023 dengan metode wawancara tatap muka kepada 1.200 responden dari 38 provinsi di Indonesia. Responden dipilih secara acak bertingkat. Survei ini memiliki tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error sekitar 2,83 persen.

Afrimadona, Direktur Eksekutif Populi Center, mengatakan bahwa survei ini dibiayai oleh donasi publik. “Populi tidak memiliki klien khusus yang memberikan dana atau mempengaruhi hasil survei,” ucapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terbaru

Antusias Ikuti Pembukaan World Water Forum, Menteri AHY Jalan Kaki

Indoissue.com - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) antusias menghadiri upacara pembukaan...